Bencana Banjir Melanda Australia Keluarkan Peringatan Waspada Banjir

Australia Dilanda Banjir Terparah Dalam 50 Tahun

Darkroastpress.com – Otoritas Australia mengeluarkan peringatan banjir baru dan perintah evakuasi pada Selasa (23/3). Ini dilakukan setelah hujan lebat dan banjir masih melanda di beberapa bagian Australia.

Dikutip dari Reuters, hujan lebat itu merupakan yang terburuk dalam lebih dari setengah abad di Australia. Badan Cuaca Australia telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk di setiap negara bagian.

“Kami melihat situasi hujan dan banjir tetap dinamis dan sangat kompleks. 18 ribu orang telah terkena imbasnya oleh perintah evakuasi,” ucap Perdana Menteri Scott Morrison.

Di New South Wales, menjadi negara bagian yang paling parah terkena dampaknya. Hujan deras terjadi selama 4 hari berturut-turut.
Sejauh ini tidak ada kematian yang dilaporkan terkait bencana tersebut. Ribuan orang telah diselamatkan oleh layanan darurat sejak beberapa hari terakhir.

“Dalam semalam, beberapa kondisi cuaca memburuk dan kondisi cuaca tersebut kemungkinan besar akan memburuk di siang hari, sehingga banyak wilayah yang akan mengalami peningkatan curah hujan yang tinggi,” kata Menteri Utama New South Wales, Gladys Berejiklian.

Berejiklian mengatakan lebih dari 15 ribu penduduk mungkin perlu dievakuasi di seluruh New South Wales. Pihak berwenang juga telah meminta bantuan dari Angkatan Pertahanan Australia.

Sementara itu di Sydney, sungai meluap dan membanjiri rumah-rumah di sekitarnya. Kru darurat telah mengevakuasi ribuan penduduk di bagian barat laut Sydney.

Pemasok air utama Sydney, Warragamba Dam, diperkirakan akan meluap setidaknya dalam tujuh hari ke depan.

Meskipun cuaca diperkirakan mulai mereda di hari Rabu (24/3) malam, para pejabat memperingatkan penduduk yang terkena dampak untuk tidak segera kembali ke tempat tinggal mereka karena hujan deras yang masih terus turun dan meluapkan air sungai.

Leave a Reply