Elon Musk Kecam Bitcoin Karena Pertambanganya tak Ramah Lingkungan, Iran Melarang Penambanganya

Ini Beberapa Negara yang Larang Mata Uang Kripto Bitcoin Dkk Halaman all -  Kompas.com

Darkroastpress.com – Di balik gegap gempitanya cuan dari investasi uang virtual Bitcoin, ada isu pertambangan tak ramah lingkungan yang berseliweran.

Usut punya usut, isu ini juga sempat membikin Chief Executive Officer Tesla Elon Musk yang awalnya menyanjung investasi ini, sampai balik menangguhkan rencana menggunakan koin digital tersebut sebagai alat pembayaran Tesla. Sikap pengusaha kenamaan Amerika Serikat itu membuat nilai Bitcoin jatuh bangun.

Elon Musk nyatanya bukan satu-satunya yang mengkhawatirkan isu pertambangan tak ramah lingkungan yang menyertai Bitcoin. Teranyar, adalah pemerintah Iran yang memutuskan melarang penambangan mata uang kripto tersebut. Berikut fakta-fakta terkait penambangan uang online:

Iran Larang Penambangan Kripto

Pemerintah Iran memutuskan memberlakukan larangan penambangan mata uang kripto termasuk Bitcoin Bloomberg memberitakan, Presiden Hassan Rouhani bakal memberlakukan larangan ini sampai pada 22 September 2021.

Kebijakan tersebut rupanya sejalan dengan sikap negara-negara besar seperti China salah satunya. Termasuk juga pertimbangan atas sikap Elon Musk yang sebelumnya memberi sinyal berhenti menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran Tesla.

China Tekan Aktivitas Penambangan Bitcoin

Langkah agresif juga diambil pemerintah China terkait pertambangan Bitcoin. Wakil Perdana Menteri China Liu He telah lebih dulu memberi sinyal bahwa pemerintah akan menekan aktivitas penambangan dan perdagangan Bitcoin di Negeri Tirai Bambu.

Kebijakan ini disambut oleh perusahaan penyedia mesin pertambangan uang kripto dengan janji bakal mengikuti aturan. Perusahaan HashCow adalah salah satu yang menyatakan komitmen untuk berhenti menjual mesin ke klien di China dan akan mengembalikan uang pihak-pihak yang sebelumnya telah melakukan pemesanan.

Elon Musk Sempat Kecam Bitcoin.

Harga Bitcoin sebelumnya sempat jatuh bangun mengikuti bagaimana respons Elon Musk terhadap investasi satu ini. Setelah sempat dibikin meroket, investasi Bitcoin langsung terjun bebas saat Elon Musk berencana membatalkan penggunaan Bitcoin untuk transaksi mobil listrik Tesla.

Kini harganya kembali naik setelah Elon melakukan pertemuan dengan para penambang Bitcoin. Para penambang ini setuju untuk menggunakan energi ramah lingkungan dalam menambang Bitcoin.

Leave a Reply