Hujan Lebat Masih Tidak Bisa Memadamkan Api di Tangki Kilang Balongan di Indramayu

Ledakan Kilang Minyak Terjadi di Indramayu, Pertamina Pastikan Warga Aman  dan Upayakan Kebutuhan Pengungsi - Pikiran Rakyat Bekasi

Darkroastpress.com – Indramayu, Kobaran api di 4 tangki kilang Pertamina RU VI Balongan hingga Selasa (30/03/2021) pagi masih terlihat. Api belum bisa dipadamkan. Hujan lebat yang terjadi sejak Selasa dini hari hingga pagi hari, masih belum mampu memadamkan api di tangki kilang minyak Balongan.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Abdul Fatah mengatakan bersama TNI dan Polri, BPBD Kabupaten Indramayu masih melakukan pengamanan di lokasi kebakaran.
“Api masih belum padam. Jalur utama masih ditutup untuk sterilisasi,” kata dia, Selasa (30/03/2021).

4 Tangki Kilang Minyak Balongan Terbakar

PT Pertamina (persero) menyatakan hingga pagi ini, Selasa (30/3), jumlah tangki Kilang Minyak Balongan yang terbakar dan meledak mencapai 4 unit.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menjelaskan, saat kejadian Tangki T-301 terbakar, berisi 23 ribu KiloLiter (KL) produk gasoline (BBM). Sementara 3 tangki lainnya dalam keadaan kosong.

“Jumlah tangki yang ada di Balongan sebanyak 72 tangki dengan kapasitas 1,35 Juta KL. Insiden terjadi pada 4 tangki yang memiliki kapasitas kurang lebih 100 ribu KL,” kata Ifki dalam keterangan tertulis.

Akibat kebakaran ini, Pertamina kehilangan 400 ribu barel produksi.Produksi tersebut termasuk pengolahan BBM, solar, LPG, hingga avtur.
Jumlah produksi yang hilang tersebut berdasarkan lamanya pemadaman yang diperkirakan berlangsung hingga 5 hari ke depan.

“Sambil menunggu pemadaman, mungkin 4-5 hari mudah-mudahan bisa normal, kira-kira kehilangan produksi yang tidak bisa di-supply dari kilang 400 ribu barel,” kata Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono dalam konferensi pers Pertamina secara virtual, Senin (29/3).

Leave a Reply