Inul Daratista menyadari Pemerintah Indonesia tengah gencar menerapkan kebijakan social dan physical distancing, serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menahan laju wabah Corona Covid-19 di Tanah Air.

Selama itu, Inul Daratista mematuhi imbauan pemerintah. Tampaknya, tak semua warga patuh pada imbauan ini dengan beragam alasan. Termasuk saat pemerintah meminta masyarakat tidak mudik Lebaran tahun ini, terjadi banyak pelanggaran.

Mendengar kabar ini, Inul Daratista tampak gusar. Inul Daratista meluapkan kekesalannya di akun Instagram terverifikasi miliknya pada Sabtu (23/5/2020) kemarin.

Mengunggah video TikTok milik AryanKhan86.37, pelantun “Kocok-kocok” dan “Masa Lalu” ini berkeluh kesah. “Semoga beliau (Bpk presiden Jokowi ) sehat nggih. Sing sabar ngadepin rakyatmu pak, saya sedih sekali,” tulis Nyonya Adam Suseno.

Pedangdut kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 21 Januari 1979, menambahkan, “Malah menjadi. Malah rame. Makin dihina diledekin. Engkau tidak bisa jalan sendiri kalau rakyatmu tidak patuh.”

Inul Daratista makin prihatin dengan kondisi Indonesia, mengingat sejumlah negara telah berhasil membuat kurva penularan Corona Covid-19 melandai. Bahkan, sejumlah negara melonggarkan PSBB. Tampaknya, bintang sinetron Kenapa Harus Inul? berharap Indonesia segera menyusul.

Menyaksikan maraknya mudik di kala wabah membuat Inul Daratista mengurut dada. “Dunia menghina dan mentertawakan kita negara Indonesia. Masih ada yang tersisa sebagian rakyatmu yang lain yang mencintaimu dan manut nurut dengan perintah serta aturan yang engkau berikan,” cuitnya.

Lebih lanjut, Inul Daratista mencuit, “Jika sebagian yang menentangmu menolak anjuranmu, biarkan saja. Jika dengan tutur kata halusmu mereka mengabaikanmu dan menginjak2 harga dirimu.” Di pengujung status teks, ia menyemangati Presiden Jokowi serta sindiran bagi para pelanggar.

“Jika dengan aturanmu mereka melawanmu. Jika dengan kekuatanmu mereka melemahkanmu. Jangan menyerah Pak De. Cuma Indonesia yang tidak patuh (peraturan) pandemi. Kalian sangat sakti. Kalian sangat liar. Memalukan. Sok kebal!” pungkasnya.

Warganet menanggapi beragam curahan hati Inul Daratista. “Makanya pemerintah harus tegas. Ini malah mal, bandara dibiarin buka, yah gitu. Manusianya keluyuran,” ucap seorang warganet.

Yang lain beropini, “Saya patuh Mbak Inul. Enggak kerja en ggak mudik juga. Hidup sederhana di rumah meninggalkan kesan tersendiri untuk Ramadhan tahun ini. Semoga pandemi ini segera berlalu.”

Leave a Reply