Kilang Minyak PT.Pertamina RU VI Balongan Indramayu Terbakar

Kebakaran - Kilang Minyak Balongan Terbakar, Indramayu Membara di Dini Hari

Darkroastpress.com – Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3) sekitar pukul 00.45 WIB. Jilatan api terlihat hingga jarak 5 Km.

Hingga pukul 05.00 WIB api masih berusaha dipadamkan. Artinya sudah 4 jam pihak Pertamina berusaha memadamkan api di Kilang Minyak Balongan.

Saat kebakaran terjadi, lokasi tersebut sedang diguyur hujan deras disertai petir.

Penyebab Kebakaran Belum Diketahui, Diduga karena Sambaran Petir

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, hingga ini penyebab kebakaran belum diketahui. Pihaknya masih berupaya memadamkan api.

Namun ada dugaan kebakaran dipicu karena sambaran petir.
“Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir,” kata Ifki dalam keterangan tertulis, Senin (29/3).

“Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” tambahnya.

Pertamina Evakuasi Warga di Sekitar Kilang Minyak Balongan

Pertamina sudah melakukan penanganan terkait kebakaran kilang minyak, Balongan, Indramayu. Pemadaman terus dilakukan, selain itu warga di sekitar kilang juga diungsikan.

“Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu,” kata Ifki Sukarya.

Empat Orang Alami Luka Bakar

Ada 4 orang warga yang mengalami luka bakar akibat kebakaran Kilang Balongan. Mereka tengah melintas di sekitar lokasi saat kejadian kebakaran.
Ifki Sukarya mengatakan, para korban sudah dibawa ke RSUD Indramayu untuk mendapat perawatan.

“Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu,” kata Ifki.

Menurut dia, saat ini pihaknya dibantu aparat TNI memblokir akses jalan menuju lokasi kebakaran
Pasokan BBM Dijamin Masih Aman

Terkait kebakaran ini, pihak Pertamina menjamin pasokan BBM aman.

“Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal,” kata Ifki Sukarya.

Pertamina sendiri meminta warga tetap tenang. Penanganan sedang dilakukan.

Leave a Reply