Seorang Pria Asal AS Mengalami Batuk Parah Hingga Sebagian Kecil Paru-parunya Keluar

Ada Gumpalan Darah di Saluran Pernapasan, Pria Ini Alami Gagal Jantung -  Health Liputan6.com

Darkroastpress.com – Pernahkah kamu mengalami batuk parah hingga mengeluarkan darah? Tapi, apa jadinya kalau yang dikeluarkan adalah bagian kecil dari paru-parumu? Terdengar aneh, tapi itu benar-benar terjadi.

Diberitakan Health and wellness, seorang pria berusia 36 di The golden state, AS, mengeluarkan bagian kecil dari paru-parunya saat mengalami batuk parah.

Gumpalan darah paru-paru itu tampak seperti brokoli atau akar pohon dengan warna merah darah. Peristiwa itu terjadi saat si pria tengah dirawat di sebuah rumah sakit akibat mengalami palpitasi jantung.

Studi kasus yang dilaporkan di New England Journal of Medication ini menyebut, pria yang tidak disebutkan namanya itu dirawat College of The golden state di San Francisco dengan diagnosis gagal jantung kronis. Ia juga punya riwayat kesehatan kardiovaskular yang buruk serta memiliki alat pacu jantung yang ditanam di dalam tubuhnya.

Minggu pertama ia dirawat di ICU, pasien terus menerus batuk darah dan lendir. Namun, suatu hari keadaannya lebih buruk lagi, di mana dia mengalami batuk yang sangat parah dan mengeluarkan secuil pohon bronkial kanannya secara utuh. Body organ berbentuk seperti tabung ini diketahui berfungsi untuk mendistribusikan udara ke paru-paru.

Akibatnya, dokter harus menempatkan sebuah tabung di tenggorokan pasien agar dia bisa bernapas. Namun sayang, tak lama setelah itu pasien mengalami komplikasi gagal jantung sehingga meninggal dunia.

Sudah lama memang pasien hidup dengan kondisi kesehatan buruk. Selain mengalami masalah jantung, pasien juga menderita stenosis aorta bikuspid, cacat lahir yang menyebabkan salah satu katup untuk memompa darah ke seluruh tubuh menyempit, mengurangi aliran darah dari jantung ke tubuh.

Hari-hari batuk yang dialami pasien selama dirawat di rumah sakit kemungkinan telah membuat jantung dan paru-parunya melemah, menyebabkan ‘batuk pohon bronkial’.

Peneliti menyebut, kasus batuk dengan mengeluarkan bagian paru-paru sangat mungkin terjadi, tapi akan mustahil jika pasien mengeluarkan seluruh paru-parunya. Meski begitu, kasus ini sangat jarang terjadi.

Leave a Reply