Warga Brazil Menggelar Aksi Pukul Panci, Bentuk Protes Atas Buruknya Penanganan Pemerintah Terhadap Covid-19

Ribuan Warga Brasil Pukul Panci, Bentuk Protes Atas Buruknya Penanganan  COVID-19 | kumparan.com

Darkroastpress.com – Gaungan bunyi panci yang dipukul menjadi tanda aksi protes masyarakat di Brasil terhadap Presiden Jair Bolsonaro.

Aksi protes yang berlangsung pada Rabu (2/6/2021) malam itu merupakan reaksi kemarahan warga atas buruknya penanganan COVID-19 di negara Amerika Latin tersebut.

COVID-19 telah merenggut hampir setengah juta jiwa warga Brasil. Sementara belasan juta lainnya terinfeksi infection corona.

Dikutip dari Reuters, beberapa hari terakhir ini merupakan masa-masa yang cukup berat bagi pemerintahan Bolsonaro. Popularitasnya semakin merosot akibat kenaikan kasus dan kematian akibat infection corona yang persisten.

Bahkan, pada hari Rabu saja, Brasil mencatatkan hampir 100.000 infeksi baru dengan 2.507 warganya meninggal dunia, menurut information yang disajikan pemerintah Brasil.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Bolsonaro secara singkat menjelaskan beberapa prestasi yang diraih Brasil dalam beberapa waktu terakhir dan menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Tetapi, ia sama sekali tidak menyampaikan informasi baru apa pun.

Pada Sabtu (29/5) lalu, ribuan warga Brasil berpartisipasi dalam trial yang dilaksanakan di 16 kota berbeda di seluruh penjuru negara. Demonstrasi tersebut diorganisir oleh Partai-partai politik sayap kiri serta asosiasi mahasiswa.

Ribuan orang, dengan masker menutupi hidung dan mulut, menutup salah satu jalanan terbesar di Sao Paulo, kota terbesar di Brasil. Tak hanya itu, mereka juga membawa properti berupa balon besar yang menggambarkan Bolsonaro sebagai vampir.

Pada pidatonya di hari Rabu ini, Bolsonaro menyatakan bahwa seluruh warga Brasil yang ingin vaksinasi akan bisa memperolehnya pada akhir tahun nanti.

Menteri Kesehatan Brasil, dalam kesempatan itu juga merevisi jumlah vaksin COVID-19 yang akan mereka terima pada bulan Juni, yakni sebanyak 4 juta dosis.

Leave a Reply